• Sofware video editing terbaik


    Hadirnya program-program bermutu di televisi maupun di layar lebar mendorong industri software menciptakan dan menghadirkan software-software berkualitas untuk post production dimana program-program atau film (video) tersebut diedit menjadi sebuah tayangan yang dapat dinikmati jutaan penonton.

    Software-software yang bisa mengedit video menjadi sebuah tayangan berkualitas dan standart dalam industri broadcast maupun industri film telah banyak dipasaran. Dengan menawarkan beragam macam fitur, kemudahan dan file format yang sesuai dengan perkembangan teknologi format video sekarang ini.

    Untuk itu saya akan memaparkan disini beberapa sofware editing video terbaik untuk standart broadcast dan industri film. Software-software editing yang biasa dipakai profesional di televisi maupun rumah produksi untuk pembuatan program-program tv maupun film. Berikut urutan software editing terbaik menurut TopTenReview

    1. Adobe Premiere Pro CC

    Adobe Premiere Pro CC adalah sebuah program penyunting (editing) Video berbasis non-linear editor (NLE) dari Adobe Systems. Adobe Premiere Pro masih menduduki peringkat pertama sebagai software editing profesional yang banyak dipakai oleh editor-editor kelas dunia. Adobe Premiere Pro CC adalah versi terbaru dari adobe premiere yang dapat membuat film dan mengedit dengan mudah cepat dan hasil yang maksimal. Sebelumnya Adobe System telah menghadirkan versi Adobe Premiere Pro C3, C4,  C5, hingga C6. Dan tahun 2015 Adobe meluncurkan Adober Premiere Pro CC sebagai penerus versi sebelumnya. Adobe Premiere Pro CC juga mendukung penuh sistem 64 bit dan lebih berjalan maksimal di sistem 64 bit. Selain itu Adobe Premiere Pro CC juga telah mendukung multi prosesor sehingga proses rendering akan menjadi lebih cepat.

    Adobe Premiere Pro merupakan program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting, Rumah Produksi dan Pertelevisian. Beberapa film yang pernah dibuat dengan Adobe Premiere Pro adalah Dust to Glory, Superman Returns, dsb.

    Beberapa fitu-fitur Adobe Premiere Pro CC antara lain:
    - Capture (perekam video) Monitor
    - Trim (alat pemotong klip) Monitor
    - Titler (Pembuat teks judul). Anda bisa membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik.
    - Keyframe pada efek-efek tertentu.
    - Auto Save Project.
    - Export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

    Beberapa film yang diedit menggunakan Software Adobe Premiere Pro antara lain:
    - World War II from Space
    - Act of Valor
    - Ticket to Ride
    - The Social Network
    - Avatar 

    Timeline Adobe Premiere Pro CC

    2. Final Cut Pro

    Final Cut Pro adalah software editing video profesional yang awalnya dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc.  lalu dilanjutkan oleh perusahaan Apple Inc. ditujukan bagi perangkat Apple atau Macintosh. Final Cut Pro hanya dapat berjalan pada PC (Personal Computer) Macintosh buatan Apple yang bersistem operasi Mac OS X versi 10.5.6 atau yang lebih baru. Final Cut Pro merupakan aplikasi video editing yang sangat powerful. Bekerja sangat responsif dan sangat stabil terlebih karena berjalan dalam Mac OS buatan Apple, terlebih jika Anda mengerjakan video dalam format 4K yang menghadirkan kapabilitas mengagumkan untuk menjalankan tiga streaming video 4K sekaligus (atau lebih banyak streaming video HD) dapat dikombinasikan semua itu untuk ditampilkan hingga di tiga layar 4K, memproses efek secara real time, dan bahkan mengedit klip multikamera 4K, dan Anda memiliki kapabilitas pengeditan video super andal dengan proses render yang ultra cepat. Interface nya pun mirip dengan Adobe Preimere sehingga mudah digunaka

  • You might also like